Sabtu, 05 November 2016

Desa Karang Bajo dan Sabedo Ikuti Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Desa

Karang Bajo (SID). Dua Desa Model di NTB  yaitu Desa Karang Bajo dan Desa Sabedo telah di tentukan Oleh Kementrian Desa sebagai desa Laboratorium Desa sebagai tempat orang belajar ke dua Desa ini ada 4 Kegiatan yang akan di pasilitasi yaitu bidang, Pemutahiran data, Pendirian bale rakyat , Pedirian rumah pintar dan Kegiatan tematik, hal itu disampaikan oleh  Ketua pelaksana Harian Laboratorium Desa Dari UNRAM  Dr. Nonong Tanaya   pada acara Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Desa bagi Aparat Desa, Kader Relawan Desa dan Pendamping Desa Tingkat Regional III Provinsi NTB di Hotel Batu Layar Mataram 6-11-16.

Wakil Ketua Rektor UNRAM selaku Ketua Pelaksana  Laboratorium Desa Prof. Ir. Swardji, MAppSc, PhD.  Menyampaikan Materi tentang Peran Universitas Mataram Dalam Membangun Perdesaan. Bahwa UNRAM  Didirikan October 1962, 1100  Academic Staff, 54 Prof, 434 PhD, Master’s Degree 543, Bachelor  38, Mahasiswa 34 000, 9 Fakultas dan 54 Prgram Studi.

Peran Unram yaitu  Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui sistem pendidikan berbasis masyarakat. Bonus Demografi 2045 mengisaratkan bahwa kita akan menjadi 16 negara besar 2045 jika kita mampu mengelola SDA dengan kualitas manusia yang  handal. Pembangunan SDM menjadi kunci utama suksesna Pembangunan di Indonesia, Melakukan review kebijakan sebagai masukan untuk pemerintah daerah dalam menetapkan prioritas prioritas program dalam pembangunan daerah berdasarkan kebutuhan masyrakat. Mampu melakukan evaluasi program program pembangunan yang dijalankan pemerintah untuk melakukan perbaikan perbaikan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas program program pembangunan. 

Tujuan Lain adalah Mengembangkan model pembangunan daerah yang sesuai degan kondisi sosial ekonomi dan budaya masyarakat dan juga sesuai dengan potensi unggulan daerah yang dapat diterapkan oleh pemerintah daerah  dalam memacu pertumbuhan khususnya di pedesaan, Membangun kerjasama dengan pemerintah daerah dan masyarakat untuk (1) mengembangkan kebijakan daerah dan RPJMD (2) melakukan studi khusus yang terkait dengan upaya untuk meningkatkan dan mengembangakn ekonomi daerah (3) melakukan review program program nasional agar sesuai dengan kebutuhaan daerah, meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat berkontribusi terhadap pembangunan nasional dan daerah, Mengembangkan program pemberdayaan masyarat  untuk mengatasi permasalahan . Program ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi lokal. Program ini sangat penting karena masyarakat NTB secara umum masih lemah secara sosial dan ekonomi. PT sangat mampu untuk melakukan analisis permasalahan sosial ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat secara  umum.

Kesimpulan Perguruan Tinggi adalah institusi yang sangat strategis dalam  mempercepat pembangunan masyarakat. Karena keunggulannya dalam SDM, kemampuan risetnya yang tinggi, dan berbagai pusat unggulan yang dimiliki, PT dapat sebagai Lembaga Pembawa Perubahan, khususnya dalam pebangunan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik di masa mendatang

Pengelola Wisata Budaya dari Desa Karang Bajo Renadi S.Pd meminta kepada Pihak Unram sebagai Tim Laboratorium Desa agar Memberikan Bimbingan tentang Tata Cara pengelolaan Wisata Budaya, dengan melakukan pelatihan dan kursus bahasa inggris bagi untuk para pengelola wisata Budaya, begitu juga sangat membutuhkan web Gratis agar bisa mempromosikan beberapa potensi wisata Budaya yang di kelola oleh Pengelola wisata Budaya, butuh perbaikan rumah Pintar.

Prof. Ir. Swardji menjawab pertanyaan Renadi SS.Pd bahwa Pihak Unram menyampaikan terimakasih kepada Masyarakat Adat Karang Bajo yang telah mampu mempertahankan adat dan Budaya dan sekarang akan di kemas dan di promosikan agar di kunjungi oleh orang luar, saran beliau agar Masyarakat Desa mampu untuk mencatat segala bentuk acara dan situs budaya agar bisa kita bantu promosikan , Pihak UNRAM akan selalu kerjasama dengan Pihak TNGR agar adabentuk kerjasama berklanjutan sampai Desa itu mencapai target Indek Desa Mandiri ( IDM), dan Pihak Unram akan mempasilitasi dalam pembuatan web geratis khusus kepada dua Desa Binaan Laboratorium Desa yaitu Desa Karang Bajo dan Desa sabedo sementara mendampingi kedua desa ini mampu membuat web sendiri.

Sekretaris Desa sabedo Yudiarto meminta kepada Tim Labaoratorium Desa yang ada di UNRAM agar melatih tentang tata cara melaksanakan manajemen Usaha yang baik, membutuhkan teknis cara mengelola Budidaya Lebah madu, Butuh Pelatihan peningkatan SDM Guru PAUD dan membutuhkan cara dalam mengelola web gratis.

Harapan Prof. Ir. Swardji  akan mendampingi Desa Karang Bajo dan Desa Sabedo melalui pendaping Desa Laboratorium Desa, Kita samakan persepsi bersama Universitas Mataram dalam menuju Desa Membangun. ( Ardes ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar