Selasa, 24 Januari 2017

Bumdes “Antassalam” Berganti Menjadi Bumdes “Tunas Rezeki”

Karang Bajo (SID). Dewan Pemilik Badan Usaha Milik Desa Yaitu Kades, Staf Desa, BPD, LPM, PKK, semua Kadus dan Pengurus Bumdes “Antassalam” Melakuan Musyawarah Penggantian Nama Bumdes dengan nama Bumdes” Tunas Rezeki “ dirangkaikan dengan Penyerahan Kunci Sekretariat Bumdes oleh Pemerintah Desa ke Menejer di Aula Kantor Desa Karang Bajo 23-01-2016.

Alasan mengapa Nama Bumdes “ Antassalam” di rubah namanya karena sejak berdiri Bumdes tahun 2008 hingga tahun 2016, Bumdes ini tidak bisa maju dan berkembang, sebagian warga desa mengatakan Bumdes “Antassalam” mungkin tidak cocok namanya, karena dalam sejarah yang namanya “Antassalam” itu adalah seorang Tokoh Agama yang konon menurut cerita dia menghilang tanpa jejak, alasan kedua Bumdes tidak bisa berkembang mungkin tidak punya sekretarist sendiri sehingga pada tahun 2016 Pemerintah Desa membangunkan 1 lokal sebagai sekretariat yang berada di depan Kantor Desa Karang Bajo agar Bumdes “ Tunas Rezeki” ini bisa kita Pantau setiap waktu.

Wakil Ketua BPD Desa Karang Bajo Supardi memimpin Dialok untuk mencari nama Bundes ini warga mengusulkan Nama Bumdes seperti Bumdes “Ihtiar”, Bumdes “Sumber Rezeki”, Bumdes “Tunas Rezeki”, Bumdes “Mekar Jaya”, Bumdes “Sumber Rezeki Utama”, Bumdes “Beriuk Angen “dan Bumdes “Karang Maju” dari 7 calon nama yang telah di usulkan oleh warga, untuk menemukan kata sepakat maka dilakukan poting yang Alhamdulillah hasilnya dengan suara terbanyak terpilihlah nama Bumdes “Tunas Rezeki”.


Pendamping Desa untuk Kecamatan Bayan H. Saiful Hadi menyampaikan Tujuan di bentuknya Bumdes adalah agar Tercapainya lembaga perekonomian Desa yang mandiri dan tangguh untuk meningkatkan ekonomi warga masyarakat, Memberikan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kesempatan berusaha dalam mengurangi pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat miskin di Desa,  Melindungi kepentingan masyarakat melalui upaya-upaya yang mengarah kepada terciptanya pemberdayaan perekonomian Desa dan Meningkatkan Pendapatan Asli Desa.

Pengurus Bumdes “ Tunas Rezeki” Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Periode 2016-2022, Ketua  YUSUF,  Sekretaris:  BAIQ NOVI HARDIANTI,  Bendahara :  ZULKIFLI dan Kepala Unit Simpan Pinjam :  RIPALIP sementara Modal awal yang bisa di kelola oleh Bumdes “ Tunas Rezeki” Desa Karang Bajo baru Rp. 34.700.000,- rencananya tiap tahun Pemerintah akan menambahkan Modal Bumdes tersebut.

Setelah Rapat Penggantian Nama Bumdes dilanjutkan dengan Pembahasan Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga Bumdes “ Tunas Rezeki” di bidang Organisasi adalahnMeningkatkan mutu pelaksanaan tugas  Pengelola dan Karyawan dalam pelayanan kepada   nasabah, Menjalin kerjasama dengan Pemeintah Desa, Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten . Melaksanakan Rapat Pengurus secara berkala. Memberi kesempatan kepada Badan Pengawas untuk melakukan Pemeriksaan dan Memberi kesempatan secara terbuka kepada masyarakat untuk memberikan keritik maupun saran demi kemajuan dari BUMDes lkm “ TUNAS REZEKI”.


Bidang administrasi yaitu Meningkatkan segala kebutuhan administrasi pembukuan keuangan simpan pinjam. Pengadaan sarana Korsi Meja dan Lemari. Pengadaan  Kompiuter dan Meminta bimbingan dan Pembinaan dari Pemerintah Daerah Lombok Utara

Bidang Keuangan yaitu Menetapkan besarnya kredit maksimal kepada calon peminjam  sebesar Rp. 1.000.000,- Menetapkan bunga kredit sebesar 1,2 % per bulan. Menetapkan menerima kredi kepada calon peminjam secara per orangan. Menetapkan administrasi kredit sebesar Rp. 1,5 %.  Menetapkan angsuran Kredit dengan sistim Bulanan selama 10 kali angsuran. Mengupayakan penagihan kepada kredit kurang lancar. Meneirma tabungan dari masyarakat dengan ketentuan bunga 0,1 % per bulan. Mengadakan kerjasama dengan lembaga keuangan lainnya.Mengupayakan penambahan modal BUMDes dari Pemerintah Daerah Lombok Utara  lewat Program Alokasi Dana Desa ke Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan  tiap tahun Dan Membuat laporan RAT tiap ahir tahun anggaran.

Ketua Bumdes “ Tunas Rezeki” Desa Karang Bajo Yusuf menyampaikan Rencana kerja yang akan di ajak kerjasama dengan Bumdes adalah Direktur PDAM Kecamatan Bayan, Bumdes “ Tunas Rezeki” akan memperpendek jarak warga Desa Karang bajo untuk membayar Rekening Air, tampa harus pergi ke Desa anyar tetapi yang bukan bolok wilayah tagihan yang di ambil oleh Pihak Koprasi Gumi Gemuh, selanjutnya Bumdes akan bekerjasama dengan PAMSIMAS KLU, untuk mengelola Air Minum menjadi PAMDES untuk jalur Dusun Pelabupati dan yang terahir Bumdes akan mengajak kerjasama dengan Dinas Pendapatan khusus penagihan Pajak Bumi dan Bangunan,

Harapan Ketua Bumdes” Tunas Rezeki” Desa Karang Bajo semoga Bumdes yang telah diganti namanya ini bisa betul betul bermamfaat dan di Ridhoi Oleh Allah SWT. ( Ardes ).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar