Minggu, 02 April 2017

Loka Karya Pelatihan Aplikasi Ruang Desa di Buka oleh Sekda NTB

Mataram (SID). Sekda Provinsi  NTB Ir. H. Rosiadi. Membuka acara Lokakarya Pelatihan Aplikasi Seluler Ruang Desa Bekerjasama dengan KOMPAK NTB, bahwa aplikasi ini ada 4 Kabupaten di NTB sebagai Pilot Proyek yaitu Kabupaten Bima, Sumbawa, Lombok Timu dan Lombok Utara, Lokakarya saat ini di hadiri oleh tenaga Ahni SID, Keterwakilan dari Pendamping Desa, 10 orang  Kepala Desa, 10 Orang Perangkat Desa dan 10 orang Perempuan Kepala keluarga bertempat di Hotel Santika Mataram 04-04-17.

Sekda NTB menyampaikan akan terus melanjtutkan  Aplikasi Seluler untuk mendukung Program Bimbingan dan Pembelajaran UU Desa mulai dari  Pusat ke Daerah dan Desa.  Diharapkan kepada 4 kabupaten sebagai binaan KOMPAK di Bima. Sumbawa, Lombok Timur dan Lombok Utara bisa berhasil sehingga 6 Kabupaten yang lain akan mengikuti dan berhasil dalam melaksanakan aplikasi ruang Desa, dengan harapan agar permasalahan desa bisa kita tau dan terselesaikan dalam waktu singkat. Aparat desa bisa menggunakann aplikasi ini. Bisa mendonlot dan bisa mengetik pertanyaannya. Bisa mengapdet informasi dan bisa cepat melihat solusinya.

Kepala Dinas PMD dan Dukcapil NTB H. Rusman SH MH, menyampaikan bahwa Ruang Desa adalah tempat kita sama sama memberikan pembelajaran, pendamping Desa sebagai guru yang baik, jadilan menjadi orang yang mencadi contoh yang baik bekerja sama dengan KOMPAK, inei menjadi penting bertujuan untuk membantu pelaksanaan UU Desa, Kementrian Desa memiliki mandat untuk mendukung 21. 438 Pendamping masyarakat dan pendamping teknik yang memberikan dukungan pendampingan dan pengembangan kapasitas kepada pemerintah desa.

Kepala Badan Penelitian Dr. Ir. H. Muh. Nurdi.  Menyampaikan bahwa UU Desa mengamanatkan terlaksananya Pemberdayaan masyarakat,  Pembangunan,  Pemerintahan dan Kemasyarakatan, Urusan Pemerintahan tentang desa di atur oleh Kementrian Dalam negeri, sedangkan pemberdayaan tugas dari kemendes. Kebijakan pemerintah tentang pembangunan dan peberdayaan ada kementrian ada regulasinya dan ada dananya.

Oleh sebeb itu pembangunan desa itu penting  selain Pembangunan pisik ada 2 hal saat ini di sarankan  yaitu pembangunan SDM dan pembangunan informaal. Pembangunan Informasi ini penting dengan tujuan buisa meningkatan kapasitas aparat desa, kelopok tani dan nelayan hingga busa  di berdayakan melalui pelatikan.Tehnologo informasi desa berjalan dengan baik dari sabang sampai maraoke, informasi tepat laporan tepat data dan tepat waktu.

Program Kementrian Desa yang penting di dukung saat ini yaitu di semua Desa berjalan Bumdesnya, adanya Embung Desa, adanya sarana oleh raga di semua Desa dan peningkatan potensi Desa, yang terkait SDM pemampaatan Sistem Informasi Desa oleh sebeb itu pembagian tugas pemerintah pusat dan pemerintah daerah  di harapkan transper pengetahunan dari Loka Karya ini ke pendamping desa bisa berinteraksi jika jangkauan jauh maka media ini sangat membantu pendaping desa menyelesaikan masalah di Desa.

Harapan agara Apliasi Seluler Ruang Desa bisa dilakukan oleh semua masyarakat Desa. Ini satu satunya media yg bisa menjadi alat komunikasi antara warga desa dengan Kepala desa sebanyak  74.754 Desa atau pendamping desa mulai  dari Kecamatan,  Kabupaten dan Provinsi.

Pengelola web. Ruangguru.com. Imam Usman.  sudah cukup lama di dunia pendidikan mengembangkan berbagai produk tehnologi telah mencapai 2.000.000  murid. Memakai jejaring sosial media. Ketika bertemu dengan Kemenes ternyata menarik untuk bekerjasama di 24 Propinsi 300 Kabupaten se luruh Indonesia. Tantangan bagai keterbukaan darai kemendes dan Australia, tantangan dengan masalah di semua desa. Aplikasi ini dikembangkan oleh para muda. 100 anak muda 20-30 tahun yang ber latar belakang yang bermacam macam, ada yang kuliah di luar negeri. ada Sebagai kariawan Pegawai, Pelaku suasta, petani dll.

Aplikasi ini di uji coba di Provinsi DI Aceh, jJawa Timur dan NTB, aplikasi ini di lakukan oleh Pendamping Desa dan aparat desa dan masyarakat desa, satu hal apilkasi ini sebagai alat komunikasi untuk mencari informasi desa, Masalah apa yang di hadapi oleh masyarakat desa bisa di jawab lebih cepat oleh pemerintah terutama oleh Kementrian Desa,  komunikasi lebih mudah namun penanganan solusi bisa di selesaikan lebih cepat. Uji coba ini sangat kompit. Yang memang sengaja di kemas sedemikian mungkin yg sangat mudah.

Topik Apolikasi Ruang Desa Memuat:
1.     pengolahan atau Penggunaan APBDes,
2.    Penggunaan Desa,
3.    Administrasi Keuangan Desa,
4.    Pengadaan Barang dan Jasa di Desa,
5.    Hak dan Kewajiban Kepala Desa atau Perangkat Desa
6.    Hak dan Kewajiban Masyarakat
7.    Saluran Pengaduan
8.    Pelaksanaan Musyawarah Desa
9.    Penyusunan Peraturan Desa
10.    Format Dokumen Perencanaan Pembangunan
11.    Teknis Pengelolaan Bumdes
12.    Pola hubungan Desa dengan Supra Desa
13.    Updating dan Kondisi  Desa
14.    Pengembangan Kawasan Perdesaan

Harapannnya agar aplikasi ini  bisa mendapatkan masukan dan mendapatkan mamfaat yag jauh lebih baik. Solusinya cepat dan tepat guna dan bisa di kembangkan ( Ardes ).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar