Kamis, 03 Agustus 2017

Pelatihan Untuk Pelatih Sistem Keuangan Desa di Buka oleh Ketua LPPM UNRAM

Karang Bajo (SID) Pelatihan Untuk Pelatih ( Training of Trainner ) Sistem Keuangan Desa Reginal 3 Bali Nusa Tenggara Pembinaan dan Pembelajaran Layanan Sosoail Dasar ( P2SD)  Universitas Mataram di Buka oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pembinaan Masyarakat (LPPM ) UNRAM. DR Muh. Ali bertempat di Hotel batu Layar 04-08-17.

Peserta yang di latih ini agar bisa bisa menjadi Pelaith di desa desa yang lain yang diselenngarakan oleh Tim Pelatih LPPM dari UNRAM yaitu  3 Orang dari Pendamping Desa dari Desa Karang Bajo, 2 orang Pendamping dari Desa Sabedo, 1 orang Kades Karang Bajo, 1 orang Kades Sabedo, ada Sekretaris Desa Sabedo, ada Opator SID dari 2 Desa, ada 2 Orang dari Mahasiswa KKN P2SD dari Desa Karang Bajo dan Sabedo dan 4 Orang Dosen UNRAM. da dua desa ini sekarang mengembangkan madu trigona.

Ketua P2SD LPPM UNRAM Nonong Tanaya menyampaikan di Provinsi NTB merupakan Kabupaten terbanyak Kabupaten tertinggal 7 Kabupaten kecuali KLU, Kota Mataram dan Kota Bima . untuk itu UNRAM punya andil untuk meningkatkan SDM Desa itu untuk memajukan desa ini, sehingga kami berinisiatip mendorong 2.426 Desa di NTB di pasilitasi oleh Dosen UNRAM melaui  KKN yang akan turun ke Desa, UNRAM akan membimbing   150 Desa KKN UNRAM Tematik, semoga kita di beri kesehatan agara KKN bisa berjalan lancar dan bisa meningkatkan kesehjahteran masyarakat Desa.
Laboratorium Desa dulu tahun 2016 kegiatan Utama adalah Bale Rakyat Rumah Pintar, Kesehatan Desa dan Kegiatan tematik, ternyata momentelaturnya sama dikementrian sosial, Pembinaan dan Pembelajaran Layanan Sosoail Dasar ( P2SD) yang di  pasilitasi oleh Unram sehingga dari Kemendes wujudkan Regional III. Bekerjasama dengan UNRAM ada 2 Desa di NTB yaitu Desa Karang Bajo di Pilau Lombok dan Desa Sabedo di Pulau Sumbawa.

Tujuan Pelatihan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa adalah agar UU no 6 Tahun 2014 tentang Desa bisa disampaikan secara keseluruhannya ke semua masyarakat desa, kenapa siskiudes itu menjadi penting, sebab UU Desa merupakan bagian dari Kabupaten, teman teman di desa merupakan bagian dari pembangunan dari Kabupaten itu Dulu sekarang Negara mengakuai desa berdasarkan hak asal usulnya sehingga sipatnya adalah bagian adminitrasi otonom terkecil di Negara ini, jadi banyak desa yang umurnya lebih dari 75 tahun di jawa dan Sumatra, sementara NKRI baru berumur 72 tahun. Jadi sangat lucu Negara tidak mengakui  desa yang lebih dulu berdiri.

Jadi dengan munculnya UU Desa di rancangnya oleh Pemerintah  sejak tahun 2009. Dengan itu konsekuanseinya aturan yg jelas dengan desa maka Negara harus mengalokasikan anggarannya untuk desa jadi dari Pusat tidak lagi melalui Propinsi  namun langsung dikirim ke desa, sehingga mekanisme pengelolaan merupakan mekanisme APBN maka banyak Kades kesulitan dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan penggunakan DD itu, DD itu sangat komplit, baik dalam perencanaan, laporan pelaksanaan dan laporan ahir, itu sebabnya Siskiudes di gunakan di perlu peran UNRAM untuk melatihnya.

Pelatihan Untuk Pelatih Sistem keuangan Desa dengan sopyer yang di akui BPKP. Sementara Desa yang akan belajar Siskudes itu 5000 Desa. Mengacu pada  menentukan Permendagri 113 tahun 2015  tentang Pengelolaan Keuangan Desa Permendagri 22 Tahun 2016 tentang prioritas Penggunaan DD aturan batasan pengelolaan DD, mana yang boleh dan mana yag tidak boleh di anggarankan oleh DD. 
Pelatihan Untuk Pelatih Sistem Keuangan Desa Ada beberapa tahap yaitu pengelolaan Keuangan Desa, Perencanaan Pengelolaan Keuangan Desa, Perencanaan Pengelolaan Keungan Desa, Penyusunan APBdes, Pelaksanaan Keuangan Desa, Penata Usahaan Keuangan Desa, Pelaporan keuangan Desa , Aplikasi Siskiudes dan Praktek paplikasi Siskiudes.

Alasan Kenapa Desa Karang Bajo di pilih oleh Kemendes dan Kerjasama dengan UNRAM, karena memiliki keunikan dari segi budaya, penduduk beragam, Desa Karang Bajo masyarakat adatnya yang kuat berperan dalam pemerintahan Desa sementara di Desa Sabedo merupakan desa yg meiliki jumlah sapi terbanyak di NTB, program UNRAM meningkatkan  pengembangan sapi, yg di kembangkan itu adalah system Peternakan ternak dan pakan ternak.

Harapan Nonong tanaya agar para Peserta yang mengikuti Pelatihan Untuk Pelatih Sistem Keuangan Desa P2SD di Hotel Batu Layar ini bisa mengikuti dengan tertib dan kedepannya bisa sebagai pelatih bagi desa desa yang ada di NTB. ( Ardes ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar